Senin, 17 April 2017

Perpustakaan : Pilihan Tujuan dan Hiburan

Perpustakaan yang sudah mengalami perubahan dari tempat membaca buku, koleksi buku menyebar sebagai pelayanan informasi teknologi dan komunikasi. Dalam perpustakaan dapat menperoleh apapun sumber berita atau ilmu dengan daring. Sesuai dengan kebutuhan, hoby, pemustaka. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola perpustakaan, pustakawan, agar tujuan utama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat (pemustaka) lebih baik.

Keseimbangan antara tujuan perpustakaan dan hiburan pemustaka?
 Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat dalam kehidupan sehari-hari sangat mungkin sudah banyak mengalami tekanan hidup. Emosi, perasaan baik dalam kehidupan rumah tangga, lingkungan kerja, lingkungan sekolah, lingkungan sekitarnya memberikan andil besar dalam tekanan batin, stres. Maka penyeimbang emosi sangat dibutuhkan. Bagi masyarakat terutama yang dekat dengan perpustakaan, utamanya perpustakaan yang ikut dalam program perpuseru, menjadi pilihan sederhana untuk mencari hiburan, penyeimbang emosional. 

Apakah hal ini suatu kesalahan pengelola perpustakaan apabila membiarkan pengunjung, pemustaka, ingin memperoleh hiburan? Suatu kondisi yang mestinya mendapat tanggapan bijak dari pustakawan. Dalam hal ini Perpusdes Tondo Maos dengan mempertimbangkan sosial budaya masyarakat Desa Tondowulan mengambil jalan membiarkan hal ini terjadi. Bukan tanpa alasan bahwa saat ini pemustaka sangat sepi. Maka pembiaran awal adalah salah satu pilihan untuk menarik minat pemustaka meramaikan perpustakaan. 

Kedua, bahwa pemustaka dalam kehadirannya pun tidak melulu mencari hiburan melalui youtube umpamanya. Bahwa pemustaka sekarang tidak hanya datang sebagai pembaca buku, tetapi sebagai penyimak (menonton dan mendengarkan) yang dibutuhkannya. Pemustaka lebih senang mencari sumber ilmu dengan cara menyimak daripada membaca. Dan salah satu sumber itu dapat diperoleh dari youtube. 


Bagaimana dengan tujuan perpustakaan? Menjadi kewajiban pustakawan nantinya, dalam situasi yang tepat, untuk mengarahkan kembali tujuan keberadaan perpustakaan. Perpustakaan memberikan fasilitas untuk menambah ilmu pengetahuan. Setidaknya memulai langkah dengan mengurangi keseringannya dalam mencari hiburan. Bisa jadi mengarahkan ke hiburan yang menambah ilmunya, kebutuhannya. Mengarahkan pada kepentingan untuk meningkatkan taraf hidupnya. Semoga berhasil baik!!! (@mbahuntung).
#membacadenganilmu
#daringdenganseimbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keseruan Bermain Brica Terbang