Minggu, 09 April 2017

Peningkatan SDM, Perpusdes TONDO MAOS Ikuti Pelatihan TIK

     Sumber daya manusia merupakan titik awal dalam peningkatan layanan kepada masyarakat (pengunjung perpustakaan). Ini merupakan hal pokok yang perlu disadari oleh pengurus perpustakaan (pustakawan). Sadar dengan hal tersebut dan mengetahui betul tentang kualitas SDMnya, maka Perpusdes TONDO MAOS besok (10/4/2017) mengirimkan pustakawannya mengikuti pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dasar Untuk Perpustakaan Desa di Perpustakaan Mastrip Jombang.
    Perlu diketahui bahwa Desa Tondowulan dalam pengelolaan perpustakaan masih tergolong baru. Ditambah permasalahan bahwa pengelolanya bukanlah orang-orang yang paham tentang perpustakaan. Pada tahun 2014 mendapatkan bantuan hibah buku dari propinsi Jawa Timur yang pengelolaannya diserahkan kepada PKK Desa Tondowulan. Dalam perkembangannya, perpustakaan Desa Tondowulan seakan "hidup segan mati tak mau". 
     Semua bukan tanpa sebab. Permasalahan begitu komplek. Terutama dalam hal sarana prasarana yang sangat kurang menunjang. Tidak hanya itu, SDM pun masih banyak kendala. Berawal ingin meningkatkan kualitas baik sarana dan prasarana, pada tahun ini bekerja sama dengan perpuseru Indonesia, maka kekuatan kami guna meningkatkan SDM Pustakawannya menjadi sangat kuat. Beban berat lagi tertanam dalam pundak pustakawannya. Karena ini merupakan Pilot Project di Kabupaten Jombang. Dengan beban berat itu maka kami berusaha untuk selalu meningkatkan SDM.
    Pertama, kami mengirimkan Pustakawan Perpusdes TONDO MAOS untuk mengikuti pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tanggal 29 Maret 2017 s.d 1 April 2017 di tempat yang sama.
     Perpusdes TONDO MAOS jelas sangat berharap hasil yang positif dari semua pelatihan yang diikutinya. Semua demi tujuan meningkatkan kualtitas hidup masyarakat, khususnya masyarakat Desa Tondowulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keseruan Bermain Brica Terbang